Hari Minggu (21/9) sejak pukul 15.00 sampai 21.00 WITA, para warga Kota Makassar berkumpul di Tamalate Room, Hotel Kenari, Jalan Yosef Latumahina. Mereka berkumpul untuk mendengarkan seminar mengenai pola hidup sehat melalui bervegetarian. Tema seminar dan talkshow kali ini adalah “Cerdas Untukmu, Sehat Bagi Bumi”.
Dalam kesempatan ini hadir DR. Dra. Ratu Ayu Dewi Sartika, Apt, Msc dan Drs. Susianto, MKM dari Jakarta, sedangkan dari Makarios hadir pula Prof. Dr. J. S. Lisal, Spa(K), Sp.GK. Para ahli gizi ini di undang sebagai pembicara dalam seminar tersebut, dengan keyakinan mereka yang berbeda-beda, karena warga yang melakukan vegetarian tidak hanya bagi satu keyakinan/agama saja melainkan dianjurkan kepada semua orang dengan keyakinan apapun.


dsc072781


Seminar ini diadakan oleh para pengurus Indonesia Vegetarian Society (IVS) cabang Makassar, yang diketuai oleh Fanny Hosana (Lu Chuan Ing). Seminar yang dihadiri oleh kurang lebih 320 peserta ini dibuat dengan tujuan memperkenalkan pola makan yang sehat dan ramah lingkungan melalui vegetarian kepada masyarakat Makassar. Karena selama ini orang selalu berpikir pola makan yang sehat adalah 4 sehat 5 sempurna, yaitu nasi, lauk-pauk (daging), sayur-mayur, buah-buahan, dan susu. Sedangkan pada menu vegetarian, kandungan gizi yang terkandung pada daging juga terdapat juga pada kacang-kacangan, buah-buahan, dan telur.


Selain itu, diajarkan pula agar setiap orang lebih menghargai bumi dengan tiga cara yang telah diperkenalkan oleh Dr. Rajendra K. Pachauri, Ketua IPCC (Intergovernmental Panel on Climate Change), berasal dari India. Ketiga cara tersebut adalah, pertama, jangan makan daging (bervegetarian), karena daging merupakan komoditas penghasil emisi karbon paling intensif (18%). Kedua, kendarai sepeda, sebab kontribusi emisi karbon gabungan seluruh kendaraan bermotor di dunia adalah 13,5%. Terakhir, jadilah konsumen yang hemat dengan membeli barang yang dibutuhkan, bukan yang diinginkan. Seminar yang terbagi ke dalam 3 sesi ini juga menghadirkan hiburan, seperti tarian dan juga pembagian doorprize.

dsc07287

Adapun seminar ini merupakan rangkaian kegiatan dari peringatan Hari Tanpa Daging Sedunia (World Meatless Day) yang akan dilakukan pada tanggal 23 November 2008 nanti, bertempat di Main Hall GTC Tanjung Bunga dalam bentuk seminar dan talkshow bersamaan dengan bazaar vegetarian yang bekerja sama dengan beberapa rumah makan/depot vegetarian di Makassar, serta berbagai macam lomba. Dalam kesempatan tersebut, hadir pula Chindy Tan, Koordinator Cabang IVS Jawa Tengah dan Yogyakarta, sebagai pembicara.(Paolina)

sumber: Majalah Pecinan Terkini edisi November