sumber: http://carejogja.org/portal/content/view/85/1/lang,en/Safari Ramadhan 2008 E-mail
Safari Ramadhan 2008 Ramadhan telah tiba. Seperti tahun sebelumnya, CARE kembali megadakan Safari Ramadhan yang dilakukan di beberapa TPA di Yogyakarta. Safari Ramadhan ini juga diadakan dalam rangka memperingati Hari Hewan Sedunia atau World Animal Day. Kegiatan ini merupakan salah satu media penyampaian informasi mengenai animal welfare yang ditujukan untuk anak-anak.CARE mengupayakan pentingnya pendidikan dini tentang perlindungan, kesejahteraan, serta pelestarian satwa. Dengan dimulai sejak dini dan dilakukan secara kontinyu, diharapkan akan terbentuk sikap sadar tentang pentingnya rnemperhatikan kesejahteraan hewan (animal welfare) dan pelestariannya serta mendorong partisipasi aktif anak-anak sebagai bagian dari masyarakat.

CARE yang mengemban misi penyelamatan serta pendidikan mengajak anak-anak untuk bertanggung jawab bersama terhadap lingkungan dengan memperhatikan kelestarian serta kesejahteraan hewan. Dengan demikian anak-anak akan lebih menghargai kehidupan serta menjadi masyarakat yang berpotensi untuk menyelamatkan satwa dan lingkungannya kelak.

Tujuan dari diadakannya kegiatan ini :

  • Mengkampanyekan animal welfare kepada anak-anak, seperti tujuan awal CARE, yaitu memberikan aspek perlidungan terhadap satwa atau jaminan kesejahteraan (animal welfare) dan memberikan pendidikan kepada masyarakat.
  • Untuk menumbuhkan minat anak-anak terhadap pet animal/companion animal.
  • Mengajak anak-anak berperan aktif dalam menerapkan konsep animal welfare dalam kehidupan sehari-hari.
  • Membentuk pola pikir dan perilaku anak dalam mencermati kelestarian satwa dan lingkungan.
  • Memupuk kepedulian dan kasih sayang anak terhadap satwa.

BENTUK KEGIATAN

  • Pengenalan Aneka Satwa

Tim CARE akan menjelaskan mengenai berbagai satwa khas dunia, ciri-cirinya, kebiasaan hidupnya, dan tempat hidupnya.

  • Handling aneka satwa

Tim CARE akan menjelaskan dan mengajarkan kepada anak-anak bagaimana cara handling hewan yang benar, sesuai dengan animal welfare.

  • Kuis dan Games

Tim CARE akan memberikan kuis dan permainan untuk menguji sejauhmana para siswa memperhatikan penjelasan yang diberikan oleh Tim CARE sebelumnya.

Kegiatan Safari Ramadhan ini akan dilakukan di beberapa TPA di Yogyakarta, dilakukan secara bergilir, dan di tiap pertemuannya diakhiri dengan Buka Bersama Tim CARE dan siswa-siswi TPA. Bagi Anda yang ingin bergabung dalam acara ini atau sekedar membantu kami dalam “berbagi” bersama siswa-siswi TPA, bisa menghubungi Sdr Fajar (0888-317-2949).
Bantuan dapat berupa tenaga, kritik dan saran, maupun materi yang dapat berupa makanan kecil (ta’jil) atau lainnya yang dipergunakan untuk berbuka puasa bagi para siswa-siswi TPA