Selasa, 09 September 2008 ]

Selamatkan Bumi, Kurangi Daging

LONDON – ”Meluangkan satu hari tanpa daging akan membantu mengurangi efek global warming dan menyelamatkan planet (bumi).” Seruan itu dilontarkan Dr Rajendra Pachauri, ahli lingkungan yang duduk di Panel Antar Pemerintah mengenai Perubahan Iklim PBB.

Menurut peraih Nobel Perdamaian 2007 dari India itu, mengurangi konsumsi daging dan menggantinya dengan sayuran merupakan upaya mudah dalam menurunkan efek gas rumah kaca. Langkah tersebut dinilai jauh lebih efektif daripada mengurangi BBM. Pasalnya, sehari tanpa daging dalam seminggu ini dapat dilakukan oleh semua kalangan, mulai balita sampai yang lanjut usia.

Pachauri memaparkan, hasil riset Worldwatch Institute menunjukkan bahwa dalam kurun waktu 20 tahun, seiring meningkatnya kesejahteraan dan jumlah penduduk negara berkembang seperti Tiongkok dan India, konsumsi daging juga akan melonjak. Nah, otomatis gas metana yang dihasilkan pun bertambah banyak. Padahal, gas hasil industri daging itu jauh lebih jahat daripada karbondioksida hasil pembakaran kendaraan. Menurut Pachauri, 18 persen dari jumlah gas rumah kaca di dunia dihasilkan dari produksi peternakan.